Powered by Blogger.
RSS

Cara Mengetahui Power Supply Masih Berfungsi atau Sudah Mati Total Dengan Metode Sederhana


Hai, hai, hai, sobat-sobat semua...


            Kali ini Detective-103 mau sharing tentang gimana sih caranya biar tahu apakah power supply kita masih ‘Bernyawa’ atau tidak dengan metode yang sederhana.  Well, disini kita menggunakan indikasi dimana power supply yang sudah dialiri listrik tapi kipas nya ga mau berputar. Sebelumnya kita harus memperhatikan dan memastikan apakah power supply benar-benar sudah teraliri listrik dengan benar.  Dan pastikan juga bahwa kabel power yang menghubungkan antara Power supply dengan stopkontak dalam kondisi baik atau tidak bermasalah. Hal ini bisa di uji dengan mencobakan kabel power tersebut ke computer lain. Jika ternyata tidak bermasalah, coba pastikan jika ada tombol on/off di power supply sudah di on kan.
Tidak sedikit lho orang-orang yang mengira kalau power supply mereka bermasalah ternyata di aspek ini, tombol on/off nya lupa untuk di setting on atau off. Hehehhh..
Kalau variable-variabel diatas tidak ada masalah dan kipas power supply masih tetap ga mau berputar, mari lanjut ke analisa berikutnya.


Kalau variable-variabel diatas tidak ada masalah dan kipas power supply masih tetap ga mau berputar, mari lanjut ke analisa berikutnya.

Power supply yang kipasnya ga berputar bisa juga disebabkan karena tebalnya debu yang menempel pada kipas. Hal ini dapat ditanggulangi dengan membersihkan debu tersebut dengan kuas atau dengan penyedot debu(mini). Jika ternyata setelah dibersihkan tapi ga ada perkembangan yang berarti, coba dengan jurus pamungkas ini(ini sih menurut Detective-103..)
Siapkan yaahhh:
- Penjepit Kertas ataupun bisa dengan kawat. Apapun deh yang penting konduktor dan bisa berguna buat cara ini.
- Sarung tangan karet jika memang dibutuhkan(hanya untuk keselamatan kerja).
- Saya rasa cukup itu saja. Kopi dan cemilan mungkin tidak terlalu dibutuhkan di teknik ini, karena prosesnya cuman sebentar.
Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu..it's the show timeee..(lebeh dikit ah)
- Jika memakai penjepit kertas, luruskan penjepit kertas dan bentuklah seperti huruf U.



- Kemudian Tancapkan ke kabel yang berwarna hijau dan kabel hitam sebelah kabel hijau pada kabel power yang untuk ke motherboard.(perhatikan gambar yang dibawah ini yee)








- Lalu colokkan kabel catu daya/kabel power dari stop kontak ke power supply.
- Perhatikan apakah power supply kipasnya berputar atau engga. Dan sekali lagi pastikan prosedur yang dilakukan sudah benar.
WARNING!!!! Saat kabel power sudah ditancapkan ke power supply, JANGAN SENTUH kawat atau penjepit kertas tadi. Karena anda bisa kesetrum.
Jika kipas power supply ga berputar itu berarti power supply nya bermasalah atau rusak. Namun, jangan senang dulu, kipas power supply yang sudah berputar tidak selalu mengindikasikan bahwa power supply anda benar-benar 'sehat'.
Sampai sini dulu yaah postingan kali ini tentang "Cara Mengetahui Power Supply Masih Berfungsi atau Sudah Mati Total Dengan Metode Sederhana"

By: Detective-103

*sobat-sobat, kalau dirasa tidak setuju, ataupun ada kritik, saran, dan ada yang kurang dari post-an saya, silahkan tinggalkan komentar. Komentar anda yang Membangun adalah Anugrah bagi saya.. Bye sob.. Makasih..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment