Powered by Blogger.
RSS

Alur Pengiriman Data pada OSI Layer

Hello guy... pakabar kalian? Sehatkan? Semoga ya, oke langsung aja, kali ini saya ingin sedikit curhat tentang alur pengiriman data pada layer OSI. Atau kata lainnya, gimana cara atau jalan kok suatu data pada suatu komputer bisa sampai ke perangkat lain tujuannya. Langsung intipin saja artikel di bawah ini:

Pada saat pengiriman data melalui jaringan, data tersebut melewati ketujuh layer OSI. Mekanismenya adalah seperti ini:


- Layer Physical, data dikirim dalam bentuk bilangan biner yang tentunya dalam bentuk sinyal analog.


- Layer Data Link: pada layer ini  terjadi segmentasi dan re-assembling data yang masuk dari layer physical serta penambahan Header pada data. Di layer ini sudah mulai ditentukan data akan masuk pada hardware seperti apa, MAC address dsb.

-Layer Network: layer ini memfasilitasi pemberian alamat IP pada, menentukan kemana data akan ditransmisikan, dan menjaga trafik pada jaringan. Data pada layer ini disebut Packet.

- Layer Transport: Data dibagi menjadi beberapa bagian tergantung jenis tujuan hardware. Protocol yang berperan disini diantaranya adalah TCP dan UDP.

TCP : Protokol yang menyediakan layanan penuh lapisan transport untuk application yang dapat diandalkan / reliable
UDP : Protokol yang sifatnya unreliable / yang bertugas menambahkan alamat port, error control dan mengirimkan pesan-pesan proses melalui enkapsulasi atau dekapsulasi proses itu sendiri.

- Layer Session: layer ini berfungsi untuk memelihara, menjaga dan mengatur koneksi.

- Layer Presentation: berguna untuk mengubah data-data yang melalui layer ini. contohnya yaitu gif untuk gambar, ASCII untuk dokumen dsb. Protokol ini menyangkut:

TELNET : Protokol yang berperan dalam akses remote masuk ke suatu host,data berjalan berupa teks. Seperti pada Linux yang menggunakan aplikasi putty dll.

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) : Protokol yang biasa digunakan dalam pengiriman e-mail atau untuk mengirimkan data dari komputer pengirim e-mail ke server e-mail penerima.

SNMP (Simple Network Management Protocol): Protokol yang digunakan dalam suatu manajemen jaringan untuk mengelola hardware di jaringan yang digunakan.


- Layer Aplication: Adalah layer yang bertugas menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara komputer, contohnya e-mail, server printer dsb.

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai mekanisme atau bagaimana alur suatu data yang menjadi inti dari komunikasi antar perangkat jaringan dapat sampai ke perangkat tujuan. Semoga Bermanfaat...
Salam D-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment