Powered by Blogger.
RSS

PhotoGraphy: Tips Kamera Pocket, Foto Makro

Hey teman-teman... Kembali lagi dengan saya. Disini saya berniat untuk membagi ilmu kepada temans tentang foto makro dengan menggunakan kamera pocket. Siapa bilang kamera pocket tidak bisa menciptakan foto yang keren punya? Siapa bilang kamera pocket tidak bisa membuat foto bergenre makro??? Bisa doonggg... memang ya hasilnya tidak se mewah kamera SLR atau DSLR. Namanya juga beda spec. Tapi apa salahnya memaksimalkan karya si mungil pocket kamera.

Bagaimana caranya? Oke, simak baik-baik ya...


1. Gunakan Tripod
Hal ini untuk menghindari goncangan yang akan menghasilkan blur yang akan mengganggu keindahan foto makro sehingga kita sulit mendapatkan detail foto yang menjadi ciri foto makro.

2. Gunakan Mode Macro
Pada kamera pocket terdapat mode macro yang biasanya disimbolkan dengan icon bunga. Dengan mode ini berarti kita memerintah kamera untuk mengambil jepretan jarak dekat terhadap foto dan juga secara otomatis aperture pun akan berada di posisi lebar.








3. Settinglah Aperture
Setting aperture atau f/x. Bereksperimenlah dengan mensetting x nya dengan angka besar jika kalian ingin menghasilkan cangkupan bidang fokus yang luas, dan x dengan angka kecil untuk menghasilkan bidang fokus yang kecil. Coba-coba lah dan kalian akan menemukan kliknya.

4. Penggunaan Flash
Penggunaan flash dalam setiap sesi foto bukanlah hal yang brilian. Karena pada saat yang tidak tepat, flash hanya akan merusak foto dengan pencahayaan yang berlebihan. Gunakan flash di ruangan yang kurang cahaya atau pun di indoor. Akan lebih keren foto kita jika kita menggunakan cahaya alami dari matahari tidak langsung ataupun bisa disiasati dengan memantulkan cahaya dengan styrofoam putih, kertas putih dsb.

5. Gunakan Camera Timer
Pada saat kita telah mengunci objek foto di mata kita kemudian kita klik tombol foto, itu dapat mengurangi ketajaman foto yang disebabkan oleh goncangan akibat pemencetan tombol foto. Dalam hal ini Timer di kamera dapat menghindarkan masalah itu. karena dengan timer, kita dapat lebih memantabkan fokus ke objek foto dan goncangan pun terminimalisir.

Nah, sekian dulu tips dari saya. Semoga bermanfaat :)
Source: www.belfot.com

Salam D-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Vera Herawati said...

nice tips. segera dipraktikkan :D (y)

Unknown said...

siap kakaakk ;)

Post a Comment