Powered by Blogger.
RSS

Berbagai Khasiat Pasta Gigi Selain Untuk Gigi

Pasta gigi merupakan sebuah pasta yang banyak mempunyai khasiat dalam menanggulangi masalah-masalah pada gigi dan mulut. Pasta gigi pada umumnya tersusun dari bahan-bahan seperti di bawah ini:

 1. Agen Polishing (penggosok).Merupakan salah satu bahan terpenting pasta gigi yang berfungsi untuk menghilangkan partikel makanan yang menempel pada gigi dan juga membantu menghilangkan diskolorisasi pada gigi. Pada umumnya, hampir separuh dari total berat pasta gigi adalah agen ini. Agen yang sering digunakan adalah : kapur presipitasi, trikalsium fosfat, alumunium fosfat, magnesium trisilikat, dll.


  2. Agen Moistener (pelembab).Biasanya ditambahkan ke dalam pasta gigi untuk menghindarkan terjadinya pengeringan dan pengerasan pasta. Yang sering digunakan adalah : gliserin, sorbitol, propilen glikol, dll.

 3.  Agen deterjen dan foaming (pembuat busa).Berfungsi untuk membantu aksi agen polishing dengan membasahi gigi dan partikel makanan yang tertinggal di gigi juga berfungsi untuk mengemulsikan mukus (lendir). Jumlah deterjen yang digunakan bervariasi antara 1.5 – 5 % dari total berat pasta gigi. Bahan deterjen yang paling sering digunakan adalah : sodium lauril sulfat dan magnesium lauril sulfat.Berfungsi untuk membantu aksi agen dengan membasahi gigi dan partikel makanan yang tertinggal di gigi juga berfungsi untuk mengemulsikan mukus (lendir). Jumlah deterjen yang digunakan bervariasi antara 1.5 – 5 % dari total berat pasta gigi. Bahan deterjen yang paling sering digunakan adalah : sodium lauril sulfat dan magnesium lauril sulfat.
  4. Agen pengikat.Agen ini sangat esensial untuk mencegah terjadinya pemisahan bahan pasta. Yang lazim digunakan adalah :- Pati (Starch).- Gum tragacanth.- Sodium alginat (Manucol SA).- Modified Irish Moss (Sangat bagus dan menjadikan pasta sangat stabil).- Sintetik seperti : Propilen glukol.

 5.  Pemanis.Untuk memberikan rasa manis pada pasta. Yang sering digunakan adalah sakarin dengan konsentrasi antara 0.1 – 1.3 %. Gula juga dapat digunakan namun sayangnya cenderung mengkristal.

  6.    Flavour (Pemberi rasa).Untuk memberikan aroma atau rasa pada pasta dan menghindarkan terjadinya rasa eneg atau mual. Selain itu juga untuk menambah kesegaran pasta. Yang sering digunakan adalah minyak peppermint.

  7.    Pengawet.Bahan pengawet haruslah bersifat non toksik dan berfungsi untuk menjaga struktur fisik, kimiawi dan biologi pasta. Misalnya adalah sodium benzoat atau sodium hidroxibenzoat.

Namun siapa nyana bahwa sebenarnya pasta gigi itu tidak hanya berkhasiat untuk menyelesaikan masalah gigi dan mulut saja. Ada segudang--ehhh, sebenarnya sih hanya beberapa. Heheheh--khasiat yang tersembunyi di balik pasta gigi. Apa aja sih itu? Nah, langsung saja di baca di bawah ini: :)

21.   Bekas Jerawat
Pasta gigi bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Caranyaoleskan pasta gigi secara teratur pada bekas jerawat lalu biarkan beberapa jam. Sifat anti bakterinya membantu dalam penyembuhan kulit.

32.   Membersihkan kuku
Gigi terbuat dari enamel, dan pasta gigi sangat baik untuk gigi. Masuk akal kalau pasta gigi juga baik untuk kuku kita. Hanya dengan menggosok dibawah dan di atas kuku dengan sikat gigi lalu dibilas dengan air maka kuku  akan terlihat cerah.

  3. Meredakan Jerawat yang meradang
Pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat yang merah dan bisa mengganggu penampilan, karena di dalam pasta gigi terkandung zat triclosan, yaitu zat yang memiliki sifat anti bakteri yang membantu dalam mengobati jerawat. Caranyacukup mudah dengan mengoleskan setitik pasta gigi pada daerah yang berjerawat di malam hari dan membilasnya di pagi hari.

44. Menghilangkan noda di wajah
Jika kamu memiliki noda bekas di wajah seperti bekas garukan, bekas gatal, bekas luka atau bekas yang lainnya. Tak perlu khawatir karena tidak bisa hilang nodanya. Caranya Sama seperti cara menghilangkan bekas jerawat, yaitu oleskan setitik pasta gigi ke daerah yg terdapat noda dan lakukan secara rutin di malam hari agar hasilnya lebih baik. (http://cakrawalamagazine.blogspot.com/2013/03/manfaat-pasta-gigi-yang-tak-terduga.html)

Nah, itulah tadi khasiat lain dari sebuah pasta gigi. Semoga bermanfaat, bagi kalian para pembaca tercinteh :)
Terima Kasih atas kunjungannya, mohon komennya...
Salam: D-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment