Powered by Blogger.
RSS

Konfigurasi Network Virtual Box Dengan Modem (SmartFren)

Well, jika anda ingin "bermain-main" dengan virtual box dan dengan menggunakan modem, maka saya mempunyai tips untuk anda yang belum mengetahui konfigurasi network nya. Yasudah, tidak usah basa sehingga jadinya basi, langsung aja ke TKP nya...

a.       Pada Virtual Box, aturlah networknya dengan mengklik tulisan Network yang ada pada sebelah kanan Virtual Box.



b.     Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada adapter 1 centang Enable Network Adapter lalu atur Attached to menjadi NAT.



c.       Lalu klik adapter 2 dan pilihlah Host-Only Adapter pada Attached to. Kemudian klik OK.

d.      Jika sudah, maka tampilan yang akan muncul adalah seperti dibawah ini:

                   Keterangan:
o   Pada Adapter 1 kita harus mensetting dengan NAT. Tujuannya adalah agar system dapat terhubung ke internet berkenaan dengan kepentingan saat update (apt-get[spasi]update). Dengan konfigurasi NAT maka system akan mendapatkan IP Address secara DHCP atau otomatis, dan jangan otak-atik eth0 karena bisa-bisa nanti anda tidak dapat terhubung ke internet. Adapter 1 ini di system akan terbaca sebagai eth0.
o   Pada Adapter 2 kita mensettingnya dengan Host-Only Adapter. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan IP Address (secara manual) jika anda berniat untuk membuat jaringan clent-server ataupun untuk kepentingan lainnya.
e.   Setelah itu jalankan virtual machine dan kemudian jika sudah masuk ke sistem, masukkan perintah sudo su agar kita dapat menjelma sebagai root yang mendapatkan akses yang luas terhadap sistem.
f.       Kemudian settinglah networknya dengan ketentuan eth0 merupakan DHCP dan eth1 merupakan static.  Sebagai contoh, saya melakukannya di server. Untuk melakukan konfigurasi ini, ketikkan perintah nano[spasi]/etc/network/interfaces dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Lakukan konfigurasi pada eth1 dengan menambahkan tulisan seperti tampilan di atas. IP Address nya terserah pada anda, begitu juga dengan netmask, network dan broadcastnya.


g.      Simpan dengan perintah ctrl+o kemudian enter lalu ctrl+x. restart dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/networking[spasi]restart setelah itu cek dengan perintah ifconfig. Jika ada detail konfigurasi mengenai eth0, eth1 dan Lo, maka telah berhasil.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment