Powered by Blogger.
RSS

Membuat User dan Super User di Ubuntu Server

Hey guysss... kembali lagi nih sama Detective IOE. kali ini saya mau posting tentang Membuat User di Ubuntu server. User biasa memiliki kekurangan dalam hak akses sistem dimana tidak bisa mengubah-ubah konfigurasi sistem sesuka hati si user biasa. Sedangkan Super user ini merupakan user yang memiliki hak akses tertinggi pada suatu sistem, dimana super user ini dapat melakukan konfigurasi ataupun setting terhadap sistem. 

Membuat User Baru

1. Pertama, login sebagai root [super user] karena jika masih berada sebagai user biasa, kita tidak dapat melakukan penambahan user. hal ini dapat diatasi dengan mengetikkan perintah sudo su



2. Setelah kita menjelma menjadi root kita dapat melakukan penambahan user. ketikkan perintah adduser[spasi]nama user. disini kita dapat mengambil sampel nama usernya adalah rinda. jadi perintahnya seperti ini, adduser[spasi]rinda



pada tulisan "Is the information correct...." ketikkan huruf y yang menandakan bahwa informasi yang kita masukkan benar. dan kita pun telah berhasil menambahkan satu user. Untuk memastikan, kita dapat mengetikkan perintah ls  pada direktori home. untuk ke direktory home kita dapat memasukkan perintah cd seperti yang akan tampak pada gambar dibawah ini:



Mengubah User biasa menjadi Super User (root)

1. Ketikkan perintah nano /etc/sudoers kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

kemudian dibawah tulisan 
root    ALL=(ALL:ALL)   ALL

ulangi tulisan diatas tapi dengan mengganti tulisan root dengan nama user yang akan dijadikan sebagai suoer user. dalam hal ini adalah rinda. nah maka perintah atau tulisan yang akan dimasukkan akan terlihat seperti ini:
rinda   ALL=(ALL:ALL)   ALL

seperti gambar dibawah ini:


jika sudah, maka simpan konfigurasi dengan menekan tombol ctrl+o kemudian enter, dan ketikkan ctrl+x untuk keluar. dan kita pun telah menjadikan user rinda sebagai super user.

Well, demikian dulu ya postingan dari saya...
Wassalam...

Created By: Detective IOE

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Unknown said...

u're welcome. makasih juga atas kunjungannya :)

Post a Comment