Powered by Blogger.
RSS

Cara Mengirim Mail (Telnet) di MailServer Ubuntu



Hay guys, siang ini saya sedang berada di dalam lab komputer dan sedang mengerjakan 'proyek' alias tugas mailserver. Behubung saya sering lupa cara login mail server di ubuntu server, maka saya akan posting mengenai cara mengirim mail dari mailserver di ubuntu, selain alih-alih berbagi dengan rekan agen detective-103 sekalian. Karena ubuntu server itu tampilannya text alias tidak ada gambar atau grafisnya, maka saya dan sebagian rekan terutama yang baru beralih ke ubuntu server sedikit dibuat bingung oleh beberapa konfigurasi dan pengoperasiannya. Begitu juga dengan cara login mailservernya yang juga menggunakan perintah dan sedikit script. Okay, langsung saja ini dia..........


Peraturan/Keterangan:
o mail.okazuko.net      : nama mailserver.
o 25                           : port SMTP dimana port ini berguna untuk mengirim mail
o 110                         : port POP3 dimana berfungsi untuk menerima atau membuka mail
o muthi                       : nama user yang akan kita kirimkan pesannya.
o mail.muthi.net          : nama mail server dari komputer yang akan kita kirimi pesan.
dan muthi@mail.muthi.net itu artinya user muthi yang berada di mail.muthi.net

1. Ketikkan:
telnet mail.okazuko.net 25         {lalu enter}






2. Ketikkan: 

mail from:[spasi]hidenori               {enter} 



rcpt to:[spasi]muthi@mail.muthi.net       {enter}



data                                             {enter}



3. Nha, setelah itu ketikkan pesan yang akan dikirim. misal:
Hey, muthi, I LOVE YOU. Daisuki





lalu enter. setelah itu ketikkan tanda titik (.) lalu enter lagi

4. Pesan telah terkirim. ketikkan quit untuk keluar.


Nah, sekian dulu tutorial tentang mailserver. Ilmu ini tidak akan bermanfaat atau 'nyantol' di otak kalau tidak di praktekkan. Jika ada error, silahkan bertanya. Jika saya tau akan saya jawab dan kalaupun saya tidak tau, yaaa wassalam. hehehe, nggak deh. kalau saya tidak tahu, saya akan berusaha cari tahu juga. Karena itu juga akan menjadi ilmu untuk saya. Sooooo, Selamat Mencoba ;)

Salam Agen D-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment