Powered by Blogger.
RSS

Mengungkapkan Rasa

Jadi orang yang terlalu pendiem itu nggak baik. apalagi saking diemnya itu sampe jaim dan stay cool sampe-sampe orang lain itu bingung dan nggak tau sama sekali yang sedang kita pikirkan ato rasakan. Tapi jadi orang yang terlalu ekspresionis itu juga nggak baik, karena bakal menuntun kita menuju jalan kelabilan yang juga sering ngebuat orang lain bingung dengan emosi ato perilaku yang kita sampaikan secara sengaja atopun nggak sengaja.

Disini gue akan berbicara KEPADA dan SEBAGAI orang introvert yang dilengkapi dengan fitur jaim, stay cool dan sebagainya. Well guys, ternyata spesies macem kita ini sering ngebuat orang lain kikuk dan bingung sama kita. Karena apapun yang kita rasa kita atau tepatnya gue rasain itu cuman gue lampiasin dengan diem. Itu bagus sih tapi dalam catataaaaan, saat suasana emang udah bener-bener panas dan udah nggak nemu titik tengah dari permasalahan.
‘Dari pada nyerocos ngeluapin rasa panjang lebar plus pake tinggi tapi nggak di dengar, yaa mending diem. Karena percuma aja, toh dia ego nya lagi tinggi, nggak bakal mau dengerin apapun alasan gue.’
itu yang selalu ada dalam pikiran gue saat gue lagi menghadapi suatu situasi dengan kepala yang penuh dengan amarah dan kekesalan. Itu kausa prima atau alasan awal kali gue nyadar kalo gue jadi orang pendiem. Itu awalnya ya, dan gue selalu tanemin itu saat gue lagi dimarahin orang tua ato lagi ada masalah sama temen gue. dari yang awalnya cuman saat marah, lama kelamaan sipat yang begitu itu ketanam dalam alam bawah sadar gue dan tiba-tiba aja gue nyadar kalo gue ternyata nggak cuman ‘memendam rasa’ saat marah doang. Saat gue seneng, saat gue bener-bener bahagia dan ngerasa thankful  dan sayaaang banget sama seseorang, dominannya selalu gue pendem dan gue cuman memunculkan perilaku ‘sewajarnya’ ala gue.


Tapiii kebanyakan orang yang deket sama gue terutama orang tua gue, malah memaknai itu dengan arti yang sebaliknya. Mereka mengartikan reaksi gue itu dengan reaksi yang nggak seneng dengan benda/hal/berita itu. dan itu ngebuat hubungan gue sama orang lain yang deket sama gue itu jadi kaku, kikuk, mencekam, dan dingin, meskipun itu sama orang tua gue sendiri terutama bapak gue yang emang orangnya sama-sama stay cool gitu dehhh.

well guys, baru-baru ini gue menyadari satu hal yang penting bangetttttt. Bahwa orang-orang berspesies macem kita ini nggak seharusnya berbuat kayak gitu. Orang lain mana bisa tau kalo kita sayang, cintah dan feel blessed banget atas kehadiran mereka kalo kita nggak tunjukin dalam aksi yang nyata(hasssiiikk bahasanya). Emang sih, orang-orang macem kita ini dari luar biasanya dianggep orang yang misterius dan menantang untuk didalami (halllaaah ngomong opo), tapiii ini penting juga buat kita ngungkapin perasaan kita sama orang lain.
Yaa boleh lah, sekali-kali kalo bilang sayang seperti “emak sayaang” ato manggil “ bapakku tersayang” ato sekedar bilang I love you mom, dad atau bisa juga bilang makasih dengan intonasi yang unyu dan bisa mewakilkan rasa terima kasih kita pada mereka. Ataauuu kalo emang masih gengsi juga buat bilang makasih saat bapak atau emak melakukan sesuatu yang menyenangkan hati kita, bisa tuh sekali-kali langsung “Cuppp…” langsung aja sosor pipi keriput mereka. Tanpa bilang sepatah katapun, mereka akan langsung tau kalo kita bener-bener senang dengan apa yang mereka lakukan.
Biasanya itu yang pada awal-awalnya gue lakuin saat bapak gue pulang kerja tiba-tiba bawain bebek goreng kesukaan gue. “Cuppp” sambil cengar-cengir gengsi terus gue paksain bibir gue buat ngomong makasih pak… yaa meski awalnya itu rasanya nggak menyenangkan dan terpaksa bangettt, tapi memulai hal positif meski dipaksakan itu malah dianjurkan kok guys.
Dan gue yakin dalam hatinya, dulu bapak gue ngakak hebat saat untuk pertama kalinya gue cium dan bilang makasih atas apa yang dia lakukan. Setelah sekian lama kita cuman saling diem dan kaku (kecuali kalo ada pertandingan moto GP, tinju, film kungfu, dan hal-hal yang berbau laki lainnya, kita baru bisa agak cair dan ngobrol bebas).
Hal itu nggak cuman berlaku sama orang tua, tapi juga sama sahabat atau paling enggak ‘temen beneran’ lah ya. Yaa nggak mungkin ujug-ujug kita (cewe) bilang “hey mel (missal namanya amel), gue sayang sama lo, makasih udah jadi temen gue” terus tiba-tiba kecup kening kayak yang dilakuin ke orang tua. bisa-bisa kita dikira lesbian. Kalo sama temen ya nggak gitu ya guys. Yaa bisalah kode-kode dikit kalo sama temen mah. Misalnya kayak bilang, “ihh, gue seneng deh punya temen kayak lo” atau bisa juga “lo itu emang bener-bener temen gue yang jempolan deh!” disela-sela obrolan kalian.

Intinya sih, mau kayak gimana pun sifat kita, mau introvert kek, ekstrovert kek, mengungkapkan perasaan itu sangat penting. Pennnntiiiinggg…
Hal positif macem itu harus dibiasakan meski pada awalnya emang terasa berat dan gengsi banget. Hehe, semangat yang mau berubahh!!! Yang belum mau berubah, cobain deh… pasti unyu banget rasanya. Hahaha



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

paresma.psikolog said...

sebagai sesama introvert, saya setuju dengan pandanganmu... apapun kepribadian dominannya, kita jg perlu mengekspresikan apa yg kita pikirkan/rasakan, itulah kunci komunikasi yg baik... kalo dieem teruuus, nanti bisa-bisa meledaaaak heheh

Unknown said...

eh eh eh, 'guru' ku komen ternyata... hahaha, makasih mba.

Post a Comment