Powered by Blogger.
RSS

Jurusan SMK: Dunia TKJ, Ngapain Aja Sih?


Hello, hello... setelah sekian lama terhempas ke dunia lain, akhirnya detective-103 kembali lagi. :D
kali ini saya mau membahas tentang dunia TKJ. ada yang belum tau TKJ? hayo hayo hayo tebak! bagi kalian yang jawab Tekanan Jiwa Berat, itu salaahhh! yang benar adalah... jereng jereng... Teknik Komputer Jaringan. Apa aja sih yang dipelajari di TKJ? well, nyok langsung cus cap cuss aja ke TKP.

Kelas 1: jangan dikira sekolah di SMK itu hanya belajar tentang jurusan yang kita pilih. tidak. kita juga akan belajar seperti di SMP hanya saja ditambah dengan beberapa pelajaran yang menyangku
t pada jurusan apa yang kita pilih. Pelajarannya diantaranya adalah:

1. Bahasa Indonesia: pelajarannya tidak jauh beda dengan pelajaran masa SMP, hanya saja disini lebih diperdalami seperti kata sifat, kata benda, partikel dll. Metode pembelajarannya masih sama seperti di SMP hanya saja ada kelompok diskusi.

2. Matematika: disini kita membahas mengenai matematika lebih lanjut. materinya ada logika, matriks, persaman linier (seperti di kelas 9) sbg.

3. Kimia: memahami mengenai dasar-dasar kimia, mengenai teori-teori atom, struktur atom, nama-nama senyawa, menghafal tabel periodik unsur, dsb.

4. Fisika: membahas mengenai hukum kekekalan energi, hukum newton, dongkrak hidrolik, impuls dsb.

5. IPA: membahas mengenai Revolusi bulan/matahari (ntahlah lupa), Penelitian Ilmiah dsb. disini tidak ada biologi. huhuhuu menyedihkan T_T

6. Agama, PKN, dan kawan-kawan nya itu intinya yaa belajar biasa seperti di SMP hanya saja dengan materi yang lebih tinggi dan dalam. 

PELAJARAN KEJURUAN:
7. Analog: ini adalah pelajaran kejuruan. disini kita mempelajari mengenai sistem analog, kelistrikan, bilangan biner, mengukur kuat arus dsb.

8. Basic System Operating: disini kita belajar mengenai OS yang dapat menghidupkan, mengakomodir, menjalankan, mengkoordinasi hardware-hardware dalam komputer. pada tahap ini kita dikenalkan pada sejarah OS, Jenis-Jenis OS, mengenal perintah di OS. dan media OS yang digunakan biasanya adalah OS berbasis text seperti Windows 95, Windows 98 dsb. untuk linux, biasanya menggunakan ubuntu server.

9. Merakit komputer: kita diajari untuk merakit komputer. sebelumnya dikenalkan terlebih dahulu mengenai hardware-hardware komputer dan cara/fungsi kerjanya.

10. Perawatan PC: selain merakit, kita juga akan diajari bagaimana perawatan PC yang baik dan benar baik itu dari segi perangkat lunak nya hingga perangkat kerasnya. Kita juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentang tools dan alat-alat untuk merawat dan membersihkan PC.

11. Periferal PC: mengenalkan apa-apa saja peralatan atau lebih tepatnya hardware yang ada pada PC dan juga hardware pendukung performa PC agar dapat lebih 'berkelas', awet dan mempunyai fasilitas/performa yang mumpuni.

Total pelajaran yang dipelajari di SMK tempat saya bersekolah bisa mencapai 18-19 mata pelajaran. dan biasanya pelajaran kejuruan di adakan sekitar 2 hingga 3 pertemuan perminggu. Nah sekian dulu share pengalaman dan sekapur sirih tentang pelajaran di Jurusan TKJ. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian sebagai gambaran dunia TKJ bagi yang berminat untuk masuk ke dunia ini ataupun bagi kalian yang sedang berpusing-pusing ria memilih jurusan. :P
hehehe, terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat...
*Jika ada yang ingin bertanya, silahkan untuk berkomentar :D
Salam: Detective-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment