Powered by Blogger.
RSS

Photography: Cara Membuat Foto Bokeh



Apa itu foto bokeh? Foto bokeh adalah.... Silahkan anda klik link tersebut untuk mengetahui apa itu foto bokeh. Well.. Bagaimana caranya membuat foto bokeh seperti gambar itu?

Nah, untuk membuat efek bokeh yang indah bin nampak seperti magic itu, yang perlu diperhatikan adalah faktor-faktor seperti di bawah ini:


1. Dekatkan Kamera ke Objek.
Semakin dekat kamera ke objeknya, maka efek bokehnya pun akan semakin mantap. Sebagai analogi dan praktik, silahkan anda acungkan jari tangan anda di depan mata anda. Semakin dekatkan jari anda ke mata hingga sangat dekat, dan lakukan perbandingan blur background dari pandangan anda antara jari yang berada di posisi sangat dekat dengan mata dan diposisi yang semakin jauh dari mata.

2. Jauhkan Objek Dari Objeknya
Jika di step pertama kita mendekatkan objek ke kamera, maka distep kedua ini kita harus membuat jarak yang semakin jauh antara objek dengan backgroundnya, hal ini agar memaksimalkan fokus kamera terhadap objek foto.

3. Aperture (Bukaan kamera). 
Untuk menghasilkan efek bokeh, anda perlu melakukan setting bukaan besar pada settingan aperture nya. Caranya adalah dengan mengubah aperture priority nya dan mengeset nilai f ke dalam angka yang kecil. Yang secara otomatis kita juga membuat kamera dalam settingan depth of field atau menjadi dangkal.

Nah, demikian dulu postingan mengenai cara sederhana membuat efek bokeh. Thanks to belfot.com yang telah menjadi referensi dari artikel ini. 

Ini adalah foto bokeh pertama saya dengan menggunakan kamera saku/pocket. Maklum masih newbie ^.^ Foto ini diambil di dalam kelas pada saat classmeeting. Thanks to bang Sofyan yang bersedia menjadi objek blur. Hehehe


Salam D-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment