Powered by Blogger.
RSS

TIPS: Membuat Suara Serak Atau Ngerock

Lo pengen nyanyi? Suara lo pengen serak-serak basah kayak abis mimpi basah gitu? Tapi suara lu malah halus sehalus makhluk halus? Tenaang, disini gue punya tips buat lo-lo pada guys. Tips ini gue dapetin dari pengalaman gue pribadi. Dimulai dari beberapa abad silam *abaikan -_- * Dari nyoba satu tips yang dimulai dari minum air es terus ampe hidung gue meler-meler gegara flu sampe tips yang nyuruh gue makan gorengan biar suaranya serek tapi hasilnya malah muka timbul jerawat gara-gara muka tambah berminyak, itu udah gue cobain. Agak membantu sih, tapi dikit. Dikiiiit banget, kalo di prosentasiin nih ya, dari satu jari telunjuk, kemujarabannya nggak lebih dari sekuku.

Oke, nggak usah banyak basa-basi lah ya… Nih simak aja langsung. Berikut adalah tips manjur membuat suara menjadi serak-serak becheeck bin nge-rock.


  1.     Banyakin dengerin lagu yang nge-rock.
Dengan sering-sering dengerin lagu rock, lo akan banyak menemui cengkok-cengkok setiap penyanyi, atau setidaknya ciri suara yang beda-beda dari setiap penyanyi. Lagu-lagu yang cocok buat belajar point pertama ini contohnya seperti lagunya Avenged sevenfold yang Gunslinger, dear god, Civil War dan Sweet Child O’Mind nya GnR, lagu-lagunya linkin park seperti crawling, one step closer, breaking the habbits, paper cut, faint, from the inside, lagunya david cook, pink,   dan sebagainya, atau kalau mau yang local, lo bisa dengerin suaranya Divirza, kotak, judika, sandy sandoro, pinkan mambo dan penyanyi bersuara serak lainnya.

  2.     Nyanyiin lagu nge-rock
Langkah kedua ini yang paling penting nih. Teori nggak akan berarti apa-apa kalo nggak dipraktekin. Anggap aja point pertama itu sebagai teorinya, dan point ke dua ini sebagai prakteknya. Nyanyikan setiap lagu dengan nada yang hampir sama kayak penyanyi aslinya di setiap lagu. Tujuannya adalah agar lo terbiasa nyanyi dengan suara yang serak badai.

Kenapa nggak pake style suara kita sendiri?” mungkin sebagian orang bakal ngomong kayak gitu. Nggak salah kok, ikutin aja dulu teknik poin kedua ini sesuai perintahnya, nanti semakin lama semakin lo bisa buat nentuin suara serak, cengkok dan style yang sesuai dengan lo banget kok. Hehe, don’t worry, u’ll be your self soon.

  3.     Coba nge-rocking lagu slow
Nah jangan lupa buat implementasiin atau praktekin suara serak lo ke lagu-lagu yang bersuara netral atau biasanya pada lagu-lagu yang slow. Pasti bakal keren lagu yang suaranya lembut dan slow lo nyanyiin atau cover ulang dengan suara ala ‘lo banget’ yang serak-serak unyu itu. “Lagu yang kayak gimana contohnya?” nah, contoh lagunya pun bisa sembarang. Tapi usahain yang cengkok atau nadanya nggak ribet alias terlalu tinggi ato yang ekstrem rendahnya. Tapi kalo lo udah bisa mengatasinya, nggak masalah dan justru malah makin keren. Contoh lagunya bisa diambil dari lagu-lagunya Adele, One Direction, Last Child dan sebagainya.


Memang tips ini nggak pake jamu-jamu atau ramuan dan sebagainya. Kalo lo mau nambahin pake jamu/ramuan silahkan aja, karena mau minum minuman semanjur apapun kalo nggak banyak berlatih bakal sia-sia jamu yang lo minum itu. lo nggak bakal dapet nada-nada yang elo banget. Dan buat dapetin suara seperti ini nggak pake lama. Asal lo nyanyiin dengan suara serak setiap hari, sekitar 1-2 minggu lo bakal dapet suara yang serak-serak kayak gitu. Dan semua kembali pada ‘jam terbang’ lo dalam nyanyi-menyanyi.

Nah, gampang dan murah kan tips dari gue? Tunggu apa lagi? Ayo praktekin sekarang juga!


Nb: hasil dari teknik ini tidak permanen. Suara akan berubah kalo lo sering-sering nyanyiin lagu yang slow atau non-rock dan saat lo berhenti bernyanyi selama berminggu-minggu.

Salam: D-103

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment