Powered by Blogger.
RSS

Instalasi LAN

Hey… apa kabar kalian? Detective-103 mau kasih info nih tentang Jaringan LAN. Saya yakin udah bejibun orang mengetahui tentang jaringan LAN. Tapi apa salahnya jika menambah sumbangsih kemudahan pencarian informasi tentang jaringan LAN dengan artikel yang sederhana ini. atau barangkali ada rekan-rekan sekalian yang baru saja ‘bergabung’ dengan dunia IT jaringan sehingga masih membutuhkan artikel jenis ini. Well, apapun alasannya yang penting Detective-103 ikhlas, ridho dan senang bisa berbagi ilmu. Tidak usah banyak ba-bi-bu-be-bo langsung aja simak artikel di bawah ini, semoga membantu… :D


Instalasi Jaringan LAN

Lan adalah jaringan lokal yang basis lingkupnya mencangkup area satu gedung, satu kantor, satu rumah. Contohnya adalah LAN TKJ, LAN MM, LAN RPL, LAN BIOLOGI, LAN AKUNTANSI dll.
Fungsi dari LAN ini adalah berbagi pakai data, informasi, internet, printer dll yang bertujuan untuk menekan biaya pengeluaran. LAN juga dapat dipakai untuk berbagi resource seperti halnya dengan kloning sistem komputer.
Perangkat Jaringan

1   1. NIC/Ethernet Card/LAN Card atau yang sering juga disebut kartu jaringan adalah perangkat yang menjadi media agar suatu komputer dapat berinteraksi dengan komputer lain dengan menggunakan kabel.


   2.  Access Point adalah perangkat yang digunakan untuk memancarkan sinyal wireless pada suatu jaringan LAN yang menggunakan jaringan wireless.

3  3. Repeater adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menguatkan sinyal yang lemah agar menjadi lebih bagus sehingga dapat menaikkan kualitas, efektifitas dan mobilitas pada suatu jaringan LAN.


4 4. Switch atau Hub adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk mengakomodasi perangkat-perangkat jaringan agar dapat berkomunikasi atau bertukar data satu sama lain.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment