Powered by Blogger.
RSS

Menengok Keindahan Aurora

Keindahan Fenomena Alam Aurora 


    Banyak orang yang takjub dengan keindahan fenomena alam ini. Dan banyak pula orang belum mengetahui keilmiahan dari Aurora. Aurora adalah pancaran cahaya dari alam yang berkilau-kilau di lapisan ionosfer yang disebabkan oleh adanya interaksi yang terjadi antara medan maghnet yang dimiliki oleh suatu planet dengan partikel-partikel bermuatan seperti proton dan electron yang berasal dari matahari, yang terlempar dari matahari dengan kecepatan lebih dari 500 mil perdetik dan kemudian terhisap oleh medan magnet bumi di sekitar selatan dan utara kutub bumi. 

     Warna-warna yang berbeda pada aurora, juga disebabkan oleh paduan partikel dan atom/molekul yang berbeda pula. Seperti contohnya aurora berwarna merah yang diakibatkan oleh benturan partikel elektron dan atom Oksigen, aurora hijau disebabkan dari benturan partikel elektron dengan molekul Nitrogen. Ada juga pancaran cahaya yang mirip dengan aurora yang berwarna hitam. Seorang fisikawan angkasa, Kimball pernah merekan aurora jenis langka ini dalam videonya. Aurora itu dilihatnya di Poker Flat Research Range di sebelah Utara Fairbanks, Alaska pada tahun 1970. 
     Sebelumnya banyak orang kuno yang mengaitkan Aurora dengan unsur kemagisan. Ada yang percaya bahwa kemunculan aurora merupakan pertanda penyakit, perang, kematian dan lain-lain. Seperti saat sebuah aurora yang muncul sebelum terjadinya revolusi perancis. Penduduk Skotlandia dan Inggris mengaku mendengar suara pertempuran dan melihat peperangan di angkasa. Pada tanggal 24 Februari 1716, berbarengan dengan kematian James Ratcliffe, terakhir, muncul aurora berwarna merah terang dan bergerak cepat di langit. 

 Dampak Kemunculan Aurora 
      Dibalik keindahan aurora ini, terdapat pengaruh buruk bagi kelangsungan aktivitas manusia. Aurora dapat mengganggu gelombang radio sehingga berdampak pada penerimaan radio, telephon atau telegraph, televise. Hal itu dapat terjadi Karena pada saat titik-titik di atmosfer tidak lagi menahan sinyal dan memantulkannya ke bumi tapi malah diteruskan di luar angkasa. Partikel yang bermuatan dalam angin matahari, magnetometer dan ionosfer membawa aliran listrik berskala besar. Jika aliran ini berubah di dekat bumi, dapat menyebabkan kerusakan peralatan listrik. Gangguan aurora pada kawat telegraf yang paling menakjubkan terjadi di Amerika Serikat. Sebuah aurora fantastis yang terjadi pada bulan September 1851, telah mengganggu seluruh saluran telegraf di New England dan memporak porandakan transaksi bisnis. Pada tanggal 19 Februari 1852, aurora lainnya tercatat dalam sejarah telekomunikasi. Para ilmuwan percaya bahwa aurora mencerminkan apa yang terjadi di magnetosfer, yaitu daerah yang partikel bermuatannya terperangkap oleh medan magnet bumi. Angin matahari menjepit magnetosfer di dekat bumi di siang hari, dan menyeretnya hingga jutaan kilometer pada malam hari. 

sumber: bama_online.tripot.com

Berikut adalah gambar-gambar dari Aurora yang pernah menampakkan diri.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment