Powered by Blogger.
RSS

Protokol Model TCP/IP

TCP/IP? Apaan sih?
Barangkali ada yang masih terngiang di kepala tentang pertanyaan diatas. Nah, kali ini Detective-103 ingin memberikan info tentang TCP IP dan layer-layernya. TCP/IP sendiri adalah sebuah protokol yang digunakan dalam proses tukar-menukar data antara komputer satu dengan komputer lainnya dalam dunia internet. TCP/IP terdiri dari beberapa layer yang masing-masing layernya mempunyai fungsi dan peran yang berbeda. Berikut ini adalah layer-layer penyusun protokol TCP/IP beserta fungsinya yang disusun dari layer terbawah ke layer yang lebih tinggi:



1. Network Access: adalah layer terbawah dari protokol TCP/IP yang berfungsi untuk mengirim dan menerima dari dan ke media fisik atau menyediakan sarana untuk sistem untuk mengirimkan data ke device yang lain. Network Access layer mencangkup driver dari hardware, modem dan NIC.

2. Internet: fungsinya adalah untuk mencari jalan terbaik dalam pengiriman paket data., memaketkan dam memberi alamat pada paket tersebut, melewatkan data antara network access layer dengan layer transportasi host to host (tahu kan maksudnya?), Layer ini mencangkup IP, ICMP, ARP.

3. Transport adalah layer ke tiga dari protokol TCP/IP yang bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara 2 komputer dan mengirimkan paket. Layer ini mencangkup TCP, UDP.

4. Application adalah layer dari TCP/IP yang berfungsi untuk memberi service kepada pengguna jaringan. Layer ini mencangkup HTTP, SNMP, FTP.

Nah, demikian dulu postingan tentang TCP/IP ini. Salam D-103 :)
Leave a comment if you think that there's something wrong. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment